.

Kawasan Timur RI Jadi Pusat Tangkap Ikan Tuna






Wilayah tangkap ikan tuna mayoritas berada di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Khusus di Indonesia habitat ikan tuna banyak ditemui di sisi selatan laut Pulau Jawa menyisir hingga kawasan timur Indonesia. Misalnya ikan tuna jenis bluefin banyak ditemui hingga perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut data KKP, wilayah tangkap ikan tuna di Indonesia hingga mencapai Perairan Kabupaten Wakatobi yaitu daerah Laut Banda, Sulawesi Tenggara, dan sekitarnya. Perairan Wakatobi merupakan habitat khususnya jenis tuna sirip kuning (yellowfin – Thunnus albacares).

Selain itu khusus untuk daerah di kawasan timur Indonesia lainnya juga didominasi oleh habitat ikan tuna cakalang. Puncak musim penangkapan ikan cakalang pada umumnya berkisar pada musim peralihan I (April, Mei, dan Juni) hingga awal musim timur.

Di Maumere (Nusa Tenggara Timur) misalnya, puncak musim terjadi pada bulan Februari dan November, yaitu akhir musim barat dan akhir musim peralihan II yang berselang selama empat bulan. Kisaran  bulan-bulan musim penangkapan ikan tuna dan cakalang adalah sebagai berikut:

Perairan Selat Makassar bagian selatan: Maret-Juli
Laut Flores: September-Maret
Laut Banda: September-Maret
Perairan Aru: September-Maret
Laut Arafura: Agustus-Mei
Laut Seram: Agustus-Maret
Laut Maluku: Agustus-Maret

Bahkan wilayah tangkap tuna terbesar di Indonesia banyak dijumpai di laut lepas di perairan Bali berbatasan dengan negara Australia.
Sumber: http://finance.detik.com/read/2014/04/11/092035/2551915/1036/4/4-fakta-unik-ikan-tuna-di-indonesia#bigpic
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ekosistem air - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger