.

Fakta Menarik Tentang Predator Laut Ikan Hiu


1. Hiu Bukan Hewan Ganas Pemangsa Manusia

Menurut data dari International Shark Attack file (ISAF) terjadi antara 50-75 orang yang diserang hiu setiap tahun di seluruh dunia. Dari data tersebut, 8-12 orang mengalami kematian. Data ini sebenarnya jauh lebih kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah kematian setiap tahun yang disebabkan oleh gajah, lebah, buaya, petir atau bahaya alam lainnya. Namun, akibat ekspos yang berlebihan dari media sehingga seolah-olah ikan hiu menjadi hewan pemangsa manusia paling berbahaya. Di sisi lain, jumlah hiu yang terbunuh akibat penangkapan besar-besaran setiap tahun antara 20-100juta ekor.
2. Hanya Hiu Berukuran 1.8m Yang Berpotensi Menyerang Manusia

Dari 440 lebih spesies hiu, sekitar 80%-nya tumbuh kurang dari 1.6m. Dan hiu-hiu tersebut tidak dapat menyakiti orang atau jarang bertemu orang. Hanya 32 spesies yang didokumentasikan dalam serangan terhadap manusia. Dan hanya hiu yang berukuran panjang 1.8m atau lebih yang berpotensi mudah menyerang manusia. Tiga spesies yang telah diidentifikasi berulang kali menyerang manusia adalah hiu putih besar, hiu harimau dan hiu banteng. Ketiga spesies tersebut ditemukan di seluruh dunia. Ukuran mereka besar dan memangsa sebagian besar mamalia laut. Serangan yang sering terjadi adalah pada perenang, penyelam bebas, peselancar dan kapal. Hiu putih besar tercatat sebagai penyerang tertinggi dibanding spesies hiu lainnya. Namun, dari catatan ISAF sekitar 80% dari semua serangan hiu terjadi di daerah tropis dan subtropis. Dimana spesies hiu lainnya lebih mendominasi dibandingkan hiu putih besar.
3. Indonesia dan India Adalah Negara Penangkap Hiu Terbesar

Data terbaru dari TRAFFIC, sebuah aliansi antara WWF dan International Union for Conservation of Nature (IUCN), merilis laporan yang menyebutkan daftar negara-negara yang menjadi pusat utama penyuplai perdagangan daging hiu atau bagian-bagian tubuh hiu. Pada laporan yang dipublikasikan di Bangkok Maret lalu, negara Indonesia dan India berada di urutan teratas dalam daftar tersebut. Diurutan berikutnya ada Bangladesh, Maladewa, Oman, Singapura, Thailand dan Uni Emirat Arab sebagai eksportir sirip hiu. Sedangkan Namibia, Afrika Selatan, Panama, dan Uruguay sebagai eksportir daging ikan hiu.
4. Gigi Hiu Tanggal 30.000 Lebih Sepanjang Hidup Mereka

Gigi hiu tidak memiliki akar sehingga gigi mereka biasanya tanggal setelah sekitar satu minggu dan terus-menerus diganti sepanjang hidup. Pada beberapa spesies, waktu gigi mereka tanggal bervariasi. Dari sekali setiap 8 hari, 10 hari dan ada yang sampai beberapa bulan baru tanggal. Hiu memiliki lima sampai 15 baris gigi di setiap rahang dan sebagian besar memiliki 5 baris. Uniknya, beberapa spesies hiu kehilangan gigi 30.000 atau lebih sepanjang hidup mereka. Namun, hiu memiliki susunan gigi baru pengganti yang dapat mengganti gigi yang tanggal tersebut hanya dalam satu hari alias 24 jam.
5. Hiu Terkecil Hanya 21.2cm

Dwarf Lanternshark Hiu Terkecil Di DuniaHiu memang spesies yang dikenal memiliki tubuh yang sangat besar. Tapi ada pengecualian untuk hiu yang satu ini. Ya, Dwarf Lanternshark adalah hiu terkecil dengan panjang tubuh maksimal hanya 21.2cm. Hiu ini hanya berada di area kecil dari Laut Karibia di lepas pantai Kolombia dan Venezuela. Tepatnya di antara Barranquilla dan Santa Marta, dekat Semenanjung Guajira dan juga ada di antara Kepulauan Los Testigos dan Grenada. Hiu ini berada pada kedalaman 283-439m (928-1.440 feet) dibawah permukaan lau
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ekosistem air - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger